Silabus Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi




SILABUS


Nama Mata Kuliah              : Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kode Mata Kuliah               : B0220702
SKS                                    : Teori 2 SKS
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Program Studi                     : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Prasyarat                            : -
Waktu                                 : 100 Menit

Standar Kompetensi:

Mahasiswa diharapkan mampu memahami mengenai bagaimana menstrategi pembelaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara kondusif.

Deskripsi Mata Kuliah:

Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai strategi belajar dan pembelajaran penjas yang didalamnya mencakup teori-teori belajar, konsep belajar, mengajar, strategi pembelajaran, gaya-gaya mengajar, asas-asas mengajar.
.
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan:

Pertemuan
Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Strategi Perkuliahan
1
Kontrak Perkuliahan
1.  Aturan perkuliahan
2.  Penyampaian silabus
3.  Kontrak belajar
·     Ceramah
·     Diskusi
2
Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Penjas
1.  Pengertian strategi pembelajaran
2.  Klasifikasi strategi pembelajaran
3.  Komponen strategi pembelajaran
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
3
Asas-asas Didaktik Penjas
1.  Prinsip-prinsip mengajar
2.  Asas motivasi
3.  Asas aktivitas
4.  Asas peragaan
5.  Asas Individualitas
6.  Lingkungan
7.  Kerjasama/kooperasi
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
4
Strategi Pembelajaran Penjas yang berorientasi
pada guru dan pada siswa
1.  Ciri-ciri metode pembelajaran yang berpusat pada guru
2.  Metode ceramah
3.  Metode demonstrasi
4.  Metode tanya jawab
5.  Metode tanya jawab
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
5
Gambaran Spektrum Gaya Mengajar
1.  Penemuan dan rancangan spectrum gaya mengajar
2.  Masalah yang bertentangan
3.  Belajar dan Mengajar
4.  Perilaku yang unik dan universal
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
6
Pemilihan Bahan Ajar

1.  Prinsip relevansi
2.  Prinsip konsistensi
3.  Prinsip kecukupan
4.  Pemilihan bahan ajar cetak
5.  Pemilihan handout
6.  Pemilihan buku teks pelajaran
7.  Pemilihan bahan ajar non cetak (model/ maket)
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
7
Strategi Penyampaian Konsep Gerak dan
Pemantapan Pemahaman
1.  Penggunaan alat, waktu dan ruang
2.  Teknik memotivasi dan membina disiplin
3.  Penyampaian konsep gerak dan pemantapan pemahaman
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
8
MID SEMESTER
Ujian Tertulis
·     Tugas Individu
9
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
10
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
11
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
12
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
13
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
14
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
15
Praktek Mengajar (Micro Teaching)
1.  Persiapan
2.  Pendahuluan
3.  Inti
4.  Penutup
5.  Evalusai
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Diskusi
·     Tugas Individu
16
UJIAN AKHIR SEMESTER
Ujian Tertulis
·     Tugas Individu






Evaluasi Hasil Belajar :

1.  Partisipasi kuliah                        
2.  Tugas-tugas                                
3.  Ujian tengah semester              
4.  Ujian akhir semester                  

Daftar Literatur/Referensi:

A.   Textbook:
1.    Bucher, Charles A. (1983). Foundation of Physical Education And Sport. St.Louis: The C.V Mosby Company.
2.    Arma Abdullah & Agus Manadji. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud
3.    Kirk, David,dkk.(Ed) (2006). The Hand Book of Physical Education. Thousand Oaks: SAGE Publications.


B.   Acuan/Referensi/ media:
1.    ....................(2005). Undang-Undang Sistem Keolahrgaan. Jakarta: Kemenegpora RI.
2.    Annarino, Anthony A, dkk. (1980). Curriculum Theory And design in Physical Education. St.Louis: The C.V Mosby Company.
3.    Haag, Herbert, dkk. (Ed). (1987). Comparative Physical Education and Sport (Vol.4). Illinois: Human Kinetics Pub.
4.    Siedentop, Daryl, dkk. (1986). Physical Education (Teaching and curriculum Strategies for grades 5-12. Palo Alto: Mayfield Pub. Company.
5.    Crum, Bart. (1993). Critical Review of Competing PE Concept (invited paper prepared for the 2nd european forum: sport sciences in europe 1993-current and future Perspective.
6.    Espenschade, Anna S & Eckert, Helen M. (1980). Motor Development. Toronto: Charles E. Merrill Pub.Company.



Merauke, .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




…………………………........
NIDN:..................................
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN:0009119001


0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger