SILABUS
Nama Mata Kuliah : Pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kode Mata Kuliah : B0220702
SKS :
Teori 2 SKS
Dosen :
Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Program Studi : Pendidikan
Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Prasyarat :
-
Waktu :
100 Menit
Standar Kompetensi:
Mahasiswa
diharapkan mampu memahami mengenai bagaimana menstrategi pembelaran agar proses
belajar mengajar dapat berjalan secara kondusif.
Deskripsi Mata
Kuliah:
Dalam
perkuliahan ini dibahas mengenai strategi belajar dan pembelajaran penjas yang
didalamnya mencakup teori-teori belajar, konsep belajar, mengajar, strategi
pembelajaran, gaya-gaya mengajar, asas-asas mengajar.
.
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan:
Pertemuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Pokok
Bahasan/Sub Pokok Bahasan
|
Strategi
Perkuliahan
|
1
|
Kontrak
Perkuliahan
|
1. Aturan perkuliahan
2. Penyampaian silabus
3. Kontrak belajar
|
· Ceramah
· Diskusi
|
2
|
Konsep
Dasar Strategi Pembelajaran Penjas
|
1.
Pengertian strategi pembelajaran
2.
Klasifikasi strategi pembelajaran
3.
Komponen strategi pembelajaran
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
·
Tugas Individu
|
3
|
Asas-asas
Didaktik Penjas
|
1.
Prinsip-prinsip mengajar
2.
Asas motivasi
3.
Asas aktivitas
4.
Asas peragaan
5.
Asas Individualitas
6.
Lingkungan
7. Kerjasama/kooperasi
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
4
|
Strategi
Pembelajaran Penjas yang berorientasi
pada
guru dan pada siswa
|
1.
Ciri-ciri metode pembelajaran yang berpusat pada guru
2.
Metode ceramah
3.
Metode demonstrasi
4.
Metode tanya jawab
5. Metode
tanya jawab
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
5
|
Gambaran
Spektrum Gaya Mengajar
|
1. Penemuan
dan rancangan spectrum gaya mengajar
2. Masalah
yang bertentangan
3. Belajar dan
Mengajar
4.
Perilaku yang unik dan universal
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
6
|
Pemilihan
Bahan Ajar
|
1. Prinsip
relevansi
2. Prinsip
konsistensi
3. Prinsip
kecukupan
4. Pemilihan
bahan ajar cetak
5. Pemilihan
handout
6. Pemilihan
buku teks pelajaran
7. Pemilihan bahan
ajar non cetak (model/ maket)
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
7
|
Strategi
Penyampaian Konsep Gerak dan
Pemantapan
Pemahaman
|
1. Penggunaan alat,
waktu dan ruang
2. Teknik memotivasi
dan membina disiplin
3. Penyampaian
konsep gerak dan pemantapan pemahaman
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
8
|
MID
SEMESTER
|
Ujian
Tertulis
|
· Tugas
Individu
|
9
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
10
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
11
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
12
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
13
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
14
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
15
|
Praktek
Mengajar (Micro Teaching)
|
1. Persiapan
2. Pendahuluan
3. Inti
4. Penutup
5. Evalusai
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
16
|
UJIAN
AKHIR SEMESTER
|
Ujian
Tertulis
|
·
Tugas Individu
|
Evaluasi Hasil
Belajar :
1.
Partisipasi kuliah
2.
Tugas-tugas
3.
Ujian tengah semester
4.
Ujian akhir semester
Daftar Literatur/Referensi:
A.
Textbook:
1.
Bucher, Charles A. (1983). Foundation of Physical
Education And Sport. St.Louis: The C.V Mosby Company.
2.
Arma Abdullah & Agus Manadji. (1994). Dasar-Dasar
Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud
3.
Kirk, David,dkk.(Ed) (2006). The Hand Book of Physical
Education. Thousand Oaks: SAGE Publications.
B.
Acuan/Referensi/ media:
1.
....................(2005). Undang-Undang Sistem
Keolahrgaan. Jakarta: Kemenegpora RI.
2.
Annarino, Anthony A, dkk. (1980). Curriculum Theory And
design in Physical Education. St.Louis: The C.V Mosby Company.
3.
Haag, Herbert, dkk. (Ed). (1987). Comparative Physical
Education and Sport (Vol.4). Illinois: Human Kinetics Pub.
4.
Siedentop, Daryl, dkk. (1986). Physical Education
(Teaching and curriculum Strategies for grades 5-12. Palo Alto: Mayfield Pub. Company.
5.
Crum, Bart. (1993). Critical Review of Competing PE
Concept (invited paper prepared for the 2nd european forum: sport sciences in
europe 1993-current and future Perspective.
6.
Espenschade, Anna S & Eckert, Helen M. (1980). Motor
Development. Toronto: Charles E. Merrill Pub.Company.
Merauke, .......................
Mengetahui,
Ketua Jurusan
…………………………........
NIDN:..................................
|
Dosen Pengampu
Mata Kuliah
Afif
Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN:0009119001
|
0 komentar:
Posting Komentar