SILABUS
Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah : B0230202
SKS : Teori 2 SKS
Dosen : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Program Studi :
Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi
Prasyarat :
-
Waktu Perkuliahan : Senin, Pukul 10.00-11.40 WIT
Standar Kompetensi:
1.
Mahasiswa
mampu memahami konsep dasar penelitian pendidikan.
2.
Memahami
berbagai metode penelitian di bidang ilmu pendidikan sekolah dasar.
3. Merancang, mengimplementasikan, dan
menilai penelitian bidang ilmu pendidikan sekolah dasar.
Deskripsi Mata
Kuliah:
Mata
kuliah ini membahas; (1) makna dan ruang lingkup penelitian teknologi
pembelajaran, (2) etika dalam penelitian, (3) masalah-masalah penelitian
teknologi pembelajaran, (4) Variabel penelitian, (5) kajian teori dalam
penelitian, (6) model-model penelitian yang relevan di bidang teknologi
pembelajaran, (7) subyek penelitian (populasi dan sampel), (8) teknik dan
instrumen penelitian, (9) validitas dan reliabilitas instrumen, (10) teknik
analisis data, (11) penyusunan proposal
penelitian, dan (12) pelaporan hasil penelitian.
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan:
Pertemuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Pokok
Bahasan/Sub Pokok Bahasan
|
Strategi
Perkuliahan
|
1
|
Kontrak
Perkuliahan
|
1. Aturan Perkuliahan
2. Penyampaian Silabus
3. Kontrak Belajar
|
· Ceramah
· Diskusi
|
2
|
Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Penelitian
|
1.
Tujuan Penelitian
2.
Karakteristik Penelitian
3.
Jenis-Jenis Penelitian
4.
Proses Penelitian
5.
Etika Penelitian
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
·
Tugas Individu
|
3
|
Permasalahan
Penelitian
|
1.
Alasan Perlunya Penelitian
2.
Lokalisir Masalah Penelitian
3.
Syarat Masalah Penelitian
4.
Urutan Penulisan Masalah
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
4
|
Jenis-Jenis
Penelitian dan Vriabel Penelitian
|
1.
Jenis-Jenis Penelitian Berdasar:
a.
Tempat
b.
Bidang Ilmu
c.
Penerapan
d.
Sifat dan Bentuk
e.
Berdasar Pendekatan Filosofis
2.
Devinisi Variabel
3.
Macam-Macam Variabel
4.
Konsep Variabel
|
· Ceramah
· Presentasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
5
|
Kajian Teori dan
Hipotesis Penelitian
|
1.
Penyusunan Deskripsi Teori
2.
Unsur-Unsur Teori
3.
Fungsi Teori
4.
Kriteria Hipotesis
5.
Bentuk Hipotesis
|
· Ceramah
· Presentasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
6
|
Desain
Penelitian, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
|
1.
Devinisi Desain Penelitian
2.
Unit analisis
3.
Pendekatan penelitian kualitatif
4.
Pendekatan penelitian kuantitatif
5.
Perbedaan Penelitian kualitatif dan kuantatif
|
· Ceramah
· Presentasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
7
|
Metode
Penelitian Deskriptif, Penelitian Survai, dan
Penelitian Tindakan
|
1.
Paradigma Positivise
2.
Format Penelitian Deskriptif
3.
Devinisi Istilah Survai
4.
Bentuk Pembelajaran
5.
Tahap Penelitian Tindakan
|
· Ceramah
· Presentasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
8
|
MID SEMESTER
|
Ujian
Tertulis
|
· Tugas
Individu
|
9
|
Metode
Penelitian Korelasi dan Regresi
|
1.
Pengertian dan Jenis Korelasi
2.
Pengertian dan Jenis Regresi
3.
Persamaan dan Perbedaan Korelasi dan
Regresi
|
· Ceramah
· Presentasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
10
|
Metode
Penelitian Eksperimen
|
1.
Studi Eksperimanal
2.
Desain Eksperimen
3.
Eksperimen Sungguhan
4.
Eksperimen Semu
|
· Ceramah
· Presentasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
11
|
Metode
Penelitian Pengembangan
|
1.
Penelitian Dan Pengembangan Versi Borg And Gall
2.
Penelitian Pengembangan Model 4D (Four-D Model).
3.
Penelitian Pengembangan Model Assure
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
12
|
Populasi dan
Sampel Penelitian
|
1.
Ukuran Populasi dan Sampel
2.
Probability
Sampling
3.
Non-Probability
Sampling
4.
Kekliruan
Sampling
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
13
|
Teknik
Pengumpulan Data
|
1. Devinisi Pengumpulan Data
2. Bentuk Kegiatan Pengumpulan Data
3. Tingkatan Pengupulan Data
|
· Ceramah
· Praktikum
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
14
|
Instrumen
Penelitian
|
1.
Pengukuran variabel
2.
Model Sekala Pengukuran
3.
Proses Pengukuran
4. Uji
Validitas dan Reliabilitas
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas
Individu
|
15
|
Teknik
Analisis Data
|
1.
Analisis Berdasarkan Jenis Penelitian
2. Kesalahan
Pengujian Penelitian
|
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Tugas Individu
|
16
|
UJIAN AKHIR
SEMESTER
|
Ujian
Tertulis
|
·
Tugas Individu
|
Daftar Literatur/Referensi:
1.
Bogdan,
Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for
education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn &
Bacon, Inc.
2.
Borg,
Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An
introduction. New York: Longman Inc.
3.
Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods.
New York: Oxford University Press.
4.
Fraenkel,
Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research
in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.
5. Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook
in Research and Education. California: Edits Publishers.
6. Neuman, W.
Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative
Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.
7. Singleton Jr.,
Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research.
Third edition. New York: Oxford University Press
8. Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting
Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc
Merauke, .......................
Mengetahui,
Ketua Jurusan
..........................................
NIDN: ...............................
|
Dosen Pengampu
Mata Kuliah
Afif
Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN:
0009119001
|
0 komentar:
Posting Komentar