SAP Metodologi Penelitian Olahraga




Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 1
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             kompetensi dasar, ruang lingkup materi dan
                                             keriteria perkuliahan
Materi Pokok                      : Kontrak perkuliahan
Kegiatan Perkuliahan         :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceranah,
Diskusi,
Tugas,
Individu
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan aturan kuliah
2.    Menjelaskan kompetensi dasar
3.    Menjelaskan ruang lingkup materi
4.    Menjelaskan kriteria penilaian
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001





SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 2
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             tujuan, karakteristik, jenis-jenis, proses dan etika penelitian
Materi Pokok                      : Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Penelitian
Kegiatan Perkuliahan         :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.  Menjelaskan Tujuan Penelitian
2.  Menjelaskan Karakteristik Penelitian
3.  Menjelaskan Jenis-Jenis Penelitian
4.  Menjelaskan Proses Penelitian
5.  Menjelaskan Etika Penelitian
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 3
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             lokalisir masalah penelitian, syarat masalah penelitian
                                             dan urutan penulisan masalah
Materi Pokok                      : Permasalahan Penelitian
Kegiatan Perkuliahan         :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.  Menjelaskan Alasan Perlunya Penelitian
2.  Menjelaskan Lokalisir Masalah Penelitian
3.  Menjelaskan Syarat Masalah Penelitian
4.  Menjelaskan Urutan Penulisan Masalah

80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 4
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             jenis-jenis penelitian devinisi variabel, macam-macam
                                             dan konsep variabel penelitian.
Materi Pokok                       : Jenis-Jenis Penelitian dan Vriabel Penelitian
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.  Menjelaskan Jenis-Jenis Penelitian Berdasar:
a.   Tempat
b.   Bidang Ilmu
c.    Penerapan
d.   Sifat dan Bentuk
e.   Berdasar Pendekatan Filosofis
2.  Menjelaskan Devinisi Variabel
3.  Menjelaskan Macam-Macam Variabel
5.  Konsep Variabel
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 5
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             cara penyusunan deskripsi teori, menjelaskan
                                             unsur-unsur, fungsi teori. Mahasiswa juga
                                             dapat menjelaskan kriteria dan bentuk hipotesis.
Materi Pokok                       : Kajian Teori dan Hipotesis Penelitian 
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Penyusunan Deskripsi Teori
2.    Menjelaskan Unsur-Unsur Teori
3.    Menjelaskan Fungsi Teori
4.    Menjelaskan Kriteria Hipotesis
5.    Menjelaskan Bentuk Hipotesis
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 6
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             devinisi desain penelitian, unit analisis,
                                             pendekatan penelitian kualitat, dan pendekatan
                                             penelitian kuantitatif
Materi Pokok                      : Desain Penelitian, Metode Penelitian Kualitatif
                                             dan Kuantitatif
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Devinisi Desain Penelitian
2.    Menjelaskan Unit analisis
3.    Menjelaskan Pendekatan penelitian kualitatif
4.    Menjelaskan Pendekatan penelitian kuantitatif
5.    Menjelaskan Perbedaan Penelitian kualitatif dan kuantatif
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 7
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             paradigma positivise, format penelitian deskriptif,
                                             devinisi istilah survai, bentuk pembelajaran,
                                             dan tahap penelitian tindakan
Materi Pokok                      : Metode Penelitian Deskriptif, Penelitian Survai, dan
                                             Penelitian Tindakan
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Paradigma Positivise
2.    Menjelaskan Format Penelitian Deskriptif
3.    Menjelaskan Devinisi Istilah Survai
4.    Menjelaskan Bentuk Pembelajaran
5.    Menjelaskan Tahap Penelitian Tindakan
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 8
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Ujian Tengah Semester
Materi Pokok                      : Bahan yang sudah di pelajari
Kegiatan Perkuliahan         : Ujian Tertulis

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 9
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             pengertian dan jenis korelasi, pengertian dan jenis
                                             regresi serta menjelaskan persamaan dan
                                             perbedaan korelasi dan regresi
Materi Pokok                      : Metode Penelitian Korelasi dan Regresi
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.  Menjelaskan Pengertian dan Jenis Korelasi
2.  Menjelakan Pengertian dan Jenis Regresi
3.  Menjelaskan Persamaan dan Perbedaan Korelasi dan Regresi
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 10
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             studi eksperimanal, desain eksperimen,
                                             menjelaskan eksperimen sungguhan dan eksperimen semu
Materi Pokok                       : Metode Penelitian Eksperimen
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Studi Eksperimanal
2.    Menjelaskan Desain Eksperimen
3.    Menjelaskan Eksperimen Sungguhan
4.    Menjelaskan Eksperimen Semu
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 11
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             penelitian dan pengembangan versi borg and gall,
                                             penelitian pengembangan model 4d (four-d model)
                                             dan penelitian pengembangan model assure
Materi Pokok                       : Metode Penelitian Pengembangan
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Penelitian Dan Pengembangan Versi Borg And Gall
2.    Menjelaskan Penelitian Pengembangan Model 4D (Four-D Model).
3.    Menjelaskan Penelitian Pengembangan Model Assure
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit



Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 12
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       :     Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan
                                             ukuran populasi dan sampel, probability sampling,
                                             non-probability sampling dan kekliruan sampling
Materi Pokok                      : Populasi dan Sampel Penelitian
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Ukuran Populasi dan Sampel
2.    Manjelaskan Probability Sampling
3.    Menjelaskan Non-Probability Sampling
4.    Menjelaskan Kekliruan Sampling
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit

Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 13
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan devinisi 
                                             pengumpulan data, bentuk kegiatan pengumpulan data dan
                                             tingkatan pengupulan data
Materi Pokok                       : Teknik Pengumpulan Data
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Menjelaskan Devinisi Pengumpulan Data
2.    Menjelaskan Bentuk Kegiatan Pengumpulan Data
3.    Menjelaskan Tingkatan Pengupulan Data
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit


Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 14
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Mahasiswa mampu memahami dan
                                             menjelaskan pengukuran variabel, model
                                             sekala pengukuran, proses pengukuran, dan uji validitas
                                             reliabilitas
Materi Pokok                        : Instrumen Penelitian
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Pengukuran variabel
2.    Model Sekala Pengukuran
3.    Proses Pengukuran
4.    Uji Validitas dan Reliabilitas
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit



Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 15
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian        : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisis 
                                              berdasarkan jenis penelitian, dan kesalahan pengujian 
                                              penelitian
Materi Pokok                        : Teknik Analisis Data
Kegiatan Perkuliahan          :

Komponen langkah
Uraian Kegiatan
Estimasi Waktu
Metode
Media
Pendahuluan
1.    Salam, doa, presensi
2.    Apersepsi
3.    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
5 menit
Ceramah,
Demonstrasi,
Diskusi,
Tugas Individu.
Laptop,
LCD
Penyajian
1.    Analisis Berdasarkan Jenis Penelitian
2.    Kesalahan Pengujian Penelitian
80 menit
Penutup
1.    Tugas-tugas
2.    Kesan pesan
3.    Berdoa
4.    Salam
15 menit



Daftar Literatur/Referensi:
Bogdan, Robert C,. & Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. (1983). Educational research: An introduction.  New York: Longman Inc.

Bryman, Alan. (2001). Social Research Methods. New York: Oxford University Press.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. (1993). How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Issac, Stephen; Michael, Wlliam B. (1983). Handbook in Research and Education. California: Edits Publishers.

Neuman, W. Lawrence. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Singapore: Allyn and Bacon.

Singleton Jr., Royce A. & Bruce C. Straits. (1999). Approaches to Social Research. Third edition. New York: Oxford University Press

Tuckman, Bruce, W. (1972). Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace Jovanovich. Inc

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001


 


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Fakultas                             : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                    : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Mata Kuliah                        : Metodologi Penelitian Olahraga
Kode Mata Kuliah               : B0230202
Semester/SKS                    : 2/ Teori 2 SKS
Pertemuan                          : 16
Dosen                                 : Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
Waktu                                 : 100 Menit
Indikator Ketercapaian       : Ujian Akhir Semester
Materi Pokok                       : Bahan yang sudah di pelajari
Kegiatan Perkuliahan         : Ujian Tertulis

Dosen dapat Dihubungi:
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP – UNMUS

                                                                …………….., .......................

Mengetahui,
Ketua Jurusan




Carolus Wasa, S.Pd., M.Or
NIDN: 0020098703
Dosen Pengampu
Mata Kuliah




Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or.
NIDN: 0009119001



0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger